Tuesday , 6 December 2016
Info Terbaru

Mengatasi Kebosanan dalam Hubungan Jarak Jauh (Long Distance Relationship)

Tanya:
Saya sudah berpacaran kurang lebih selama 4 tahun. Saat ini kami pacaran long distance karena alasan pekerjaan, dan hubungan kami sedang dalam kondisi yang membosankan. Sebelumnya, kami sudah pernah mengalami hal yang sama karena alasan kuliah.

 

Tapi saat masih kuliah, kami masih bisa merasakan hubungan yang hangat dan mesra, sedangkan saat ini kami lebih sering bertengkar dan cepat tersinggung. Bagaimana caranya agar hubungan kami kembali fresh atau kembali hangat lagi seperti dulu?
Nanik, 22, Bali

Jawab:

Hai Nanik,
Pacaran jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) memang merupakan hal paling berat dalam suatu hubungan. Hal ini disebabkan karena penumbuh dan pemelihara cinta yang paling hebat adalah kedekatan, sehingga pasangan yang berpacaran jarak jauh harus memelihara kedekatan semaksimal mungkin dengan cara yang berbeda dari pasangan-pasangan “normal” lainnya.

Nanik bisa memaksimalkan kemajuan teknologi yang mampu mendekatkan yang jauh (walau juga terkadang menjauhkan yang dekat), sehinga komunikasi terus dilakukan agar kebersamaan bisa terjaga.

Bicara soal kebosanan, dalam hal apapun yang kita lakukan pasti akan muncul kebosanan. Bahkan dalam mengerjakan sesuatu yang paling kita sukai pun kita bisa bosan. Jadi itu adalah hal yang wajar, tinggal bagaimana kita mengatasinya.

Coba dicari dulu sumber kebosanan yang dirasakan. Memang agak aneh kalau pasangan LDR yang jarang bertemu malah merasa bosan, karena biasanya kebosanan timbul karena sesuatu yang dilakukan berulang-ulang. Atau malah kebosanan yang Nanik rasakan sebenarnya karena bosan sendirian?

Lakukan tindakan di luar kebiasaan untuk mengurangi rasa bosan. Bisa dengan membuat kejutan dengan datang ke tempatnya, memberikan hadiah yang tidak biasa, atau hal-hal lain yang bisa kembali memercikkan api cinta yang mulai tidak terasa.

Kebahagiaan itu adalah target yang selalu berpindah, jadi kita tidak bisa melakukan hal yang sama dengan harapan mendapatkan kebahagiaan yang sama.

Cara-cara yang dilakukan dulu saat masih kuliah untuk mendapatkan hubungan yang hangat dan mesra, apabila sekarang dilakukan, mungkin tidak lagi mendapat hasil yang sama. Jadi harus ada cara lain yang dilakukan. Intinya cobalah sesuatu yang baru untuk merasakan cinta seperti baru.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat berhubungan jarak jauh adalah memaksimalkan kualitas setiap berhubungan. Pastikan untuk memilki kesadaran bahwa setiap pertemuan, chatting, Skype, dll itu penting, sehingga tidak memunculkan egoisme masing-masing yang ujung-ujungnya malah memicu pertengkaran atau perbedaan pendapat yang menyinggung perasaan.

Jangan biarkan jarak menjauhkan suatu hubungan, dekatkan dengan kesadaran bahwa cinta yang akan selalu merekatkan.

Terima kasih sudah berbagi,
Stay In Love

@HilbramDunar
Pembawa acara TV dan Radio
Penulis buku “Plastic Heaven – bukan cinta jika tak meneteskan airmata, karena sedih luar biasa atau bahagia tak terhingga”

Buku Terkait :

Long Distance Hearts
Penulis: @LongDistance_R   (Bukune)
Nilai rata-rata: dari 0 resensi
Rekomendasikan buku ini
Rp 33.000
Hemat Rp 4.950
Rp 28.050
Long Distance Hearts 2
Penulis: @LongDistance_R   (Bukune)
Nilai rata-rata: dari 0 resensi
Rekomendasikan buku ini
Rp 53.000
Hemat Rp 10.600
Rp 42.400
Main Hati
Penulis: Hilbram dunar   (Gramedia Pustaka Utama)
Nilai rata-rata: dari 0 resensi
Rekomendasikan buku ini
Rp 50.000
Hemat Rp 7.500
Rp 42.500

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>