Tuesday , 6 December 2016
Info Terbaru

Firliana Purwanti

Firliana-Purwanti

Firliana Purwanti lahir di Jakarta pada 3 Juli 1977. Saat ini bekerja sebagai Program Officer Hak Asasi Manusia & Demokratisasi di Hivos Asia Tenggara, Jakarta.Semasa kuliah penulis aktif di ASEAN Law Students’ Associations dan English Debating Society – Universitas Indonesia. Meraih gelar sarjana hukum pada 2001 di Universitas Indonesia, Depok. Menekuni isu hak asasi manusia perempuan sejak tragedi perkosaan massal terhadap perempuan Tionghoa saat kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Pengetahuan dan perspektif penulis tentang gender dan feminisme didapat saat bekerja di Pusat Kajian Wanita & Gender Universitas Indonesia pada 2001-2003.

Kemudian mendapat gelar master hukum bidang hak asasi manusia di Universitas Utrecht atas beasiswa pemerintah Belanda, STUNED. Ia belajar menulis narasi panjang yang memikat di Pantau, Jakarta, pada Agustus 2008. Maraknya peraturan daerah yang membatasi otonomi tubuh perempuan membawa penulis ke isu seksualitas. Firli adalah lulusan kursus gender dan seksualitas GAYa NUSANTARA di Surabaya pada Juli 2009.

Penulis pernah tinggal di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat, 1994-1995 dalam rangka program pertukaran pelajar AFS, Brisbane dan Toowoomba, Queensland, Australia dan Batu, Malang, Jawa Timur Oktober 2000 – Februari 2001 dalam rangka program pertukaran pemuda Australia – Indonesia (AIYEP), Utrecht, Belanda 2003-2004 untuk menyelesaikan program masternya, dan Banda Aceh 2008 – 2009 dalam rangka tugas.

Kini ia tinggal di Jakarta Selatan bersama pasangannya.

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>