Thursday , 8 December 2016
Info Terbaru

Edy Zaqeus

Edy-Zaqeus

Edy Zaqeus lahir di Madiun, 24 Maret 1971 dengan nama Sutopo Sasmito Edy. Ia menyukai tokoh Alkitab, Zakheus, dan mengagumi filosofi di balik kisah tokoh tersebut. Karena itulah ia menambahkan nama pena Zaqeus di belakang nama panggilannya. Sejak 1999, nama Edy Zaqeus digunakannya untuk berkomunikasi di internet, lalu resmi menjadi nama kepenulisannya sejak bergabung di majalah BERwirausaha (2002), dan bertahan sebagai nama penanya hingga sekarang.Lulusan terbaik Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fisipol, UGM (Agustus 1997) ini mengawali karier sebagai office boy sekaligus asisten peneliti pada sebuah lembaga riset independen di Yogyakarta. Sekitar September 1998, kartunis autodidak ini mengadu nasib ke Jakarta dan ganti profesi sebagai wartawan di tabloid Perspektif, majalah Hebat & Sejahtera, tabloid Network Indonesia, dan terakhir di majalah BERwirausaha, hingga majalah ini berhenti terbit Juli 2002.

ez-profile03Kini, Edy berprofesi sebagai editor, trainer penulisan, penulis buku, dan publishing consultant. Sejak 14 Februari 2004 hingga September 2008, ia menjadi editor situs Pembelajar.com (www.pembelajar.com), sebuah situs pembelajaran, motivasi, dan pengembangan diri yang paling digemari di Indonesia. Sementara bersama Andrias Harefa, Her Suharyanto, Rab A. Broto, dan Agoeng Widyatmoko, Edy pernah membentuk Sekolah Penulis Pembelajar (SPP), yang sekarang bernama Pembelajar Writing School (PWC).

Di bidang kewirausahaan, Edy telah mendirikan dua penerbitan buku, yaitu Bornrich Publishing dan Fivestar Publishing. Kedua penerbitan buku tersebut telah menelurkan buku-buku laris: Ilmu Menjadi Kaya (Wallace D. Wattles, 2005), Orang Gajian Bisa Kaya (Edy Zaqeus, 2006), Psikologi Duit (Rab A. Broto, 2006), Kalau Mau Kaya Ngapain Takut Ngutang (Didik Darmanto, 2006), dan Rahasia Sukses Terbesar (Jennie S. Bev, 2006), Journey to My Past Lives (Nathalia Sunaidi, 2007), Anda Luar Biasa!!! (Eni Kusuma, 2007), Namaku Nafiri: Lihatlah Anak Domba Allah (Tinny Maria Awuy, 2008), dll.

Pengalaman suksesnya sebagai penulis dan penerbit independen menginspirasinya untuk melahirkan Bornrich Consulting, sebuah layanan konsultansi pendirian penerbitan mandiri, baik untuk klien perorangan maupun intitusional. Bornrich Consulting telah berhasil membantu sejumlah klien untuk mendirikan penerbitan independen mereka, baik untuk keperluan pemasaran, kehumasan, maupun pembentukan unit bisnis baru. Sejumlah klien telah ia bantu dalam mendirikan penerbitan mandiri maupun menghasilkan buku-buku bestseller.ez-profile141

Dan, dua institusi yang baru saja didirikan dan dia pimpin adalah BukuKenangan.com (www.bukukenangan.com) yang mengambil spesialisasi penulisan buku memoar, biografi, idiografi, filografi, motigrafi, dan buku-buku spesial lainnya. Satu lagi adalah AndaLuarBiasa.com (www.andaluarbiasa.com), sebuah website motivasi yang memberikan tempat spesial bagi para penulis, motivator, dan trainer perempuan.

Edy telah menulis buku Kontekstualisasi Ajaran I Ching (Grasindo, 2004). Beberapa hasil wawancaranya dengan sejumlah tokoh politik dan budaya dimuat dalam buku Kita Lebih Bodoh dari Generasi Soekarno-Hatta (VGK, 2000). Buku Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah! (Gradien, 2004) adalah buku keduanya yang meledak di pasaran karena mengalami cetak ulang ke-6 dalam empat bulan pertama peredarannya, dan kini sudah masuk cetak ulang ke-13 (edisi revisi). Karya ketiganya berjudul Resep Cespleng Berwirausaha (Gradien, 2004) juga masuk kategori bestseller karena sudah masuk cetak ulang ke-5.ez-menulis-cepat1

Setelah sukses dengan buku-buku bestseller tersebut, dan berhasil membantu banyak kliennya menghasilkan buku-buku bestseller, Edy merilis buku laris berjudul Resep Cespleng Menulis Buku Best Seller (Gradien, 2005). Edy juga menulis buku bestseller berjudul Orang Gajian Bisa Kaya (Bornrich, 2006) dan buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller Edisi Revisi (cetakan ke-3, Fivestar 2008). Karya terbaru Edy yang, diprediksi bakal jadi buku bestseller, berjudul Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila! (telah dicetak 20.000 eksemplar).

Edy dapat dihubungi melalui telepon Penerbit Fivestar/Bornrich Consulitng di nomor: 021-59400515, melalui blog-nya “Edy Zaqeus on Writing” yang beralamat di: http://ezonwriting.wordpress.com, blog http://1001caramudah.blogspot.com, atau e-mail: edzaqeus[at]gmail.com. Anda juga dapat bergabung di mailing list Penulis BestSeller yang ia asuh bersama para penulis best-seller lainnya, dengan mengirimkan email kosong ke: penulisbestseller-subscribe@yahoogroups.com. Dan, gabung serta berdiskusi dengan Edy di Facebook.

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>