Thursday , 8 December 2016
Info Terbaru

7 Strategi Agar si Kecil Mau Membantu Melakukan Pekerjaan Rumah

images

Sebagai orang tua, Anda sebaiknya tidak memanjakan buah hati secara terus-menerus. Anda perlu mengajarkan mereka membersihkan rumah supaya menjadi orang yang mandiri. Oleh sebab itu, ajari anak melakukan pekerjaan rumah sejak dini. Dilansir dari All Women Stalk, inilah tujuh strategi agar si kecil mau ikut membantu melakukan pekerjaan rumah:

1. Tunjukkan Konsekuensinya

Jika anak malas membereskan kamar, meletakkan baju kotor di mesin cuci, atau menaruh sepatu sembarangan, tunjukkan dia konsekuensinya. Sebagai contoh, anak Anda malas bangun pagi, berarti dia tidak mendapat sarapannya. Atau kalau dia suka meletakkan baju sembarangan, jangan segera dicuci, biarkan hingga anak tidak bisa memakai baju tersebut saat diperlukan.

2. Ajari Anak Secara Perlahan

Jangan langsung memarahinya untuk membersihkan rumah, tapi coba berikan instruksi secara bertahap agar mereka mengerti apa yang harus dilakukan. Semua proses tidak ada yang instan, butuh kesabaran sebelum berhasil menggapai tujuan.

3. Jangan Menyindir atau Mengejeknya

Jangan gunakan sindiran, ejekan, atau bahkan memarahi si kecil secara berlebihan. Sebaiknya, beritahukan dengan halus kalau Anda butuh kerja sama anak untuk membantu membersihkan rumah. Jika dia sudah membantu Anda, ucapkan terima kasih dan kecup anak Anda dengan penuh kasih sayang.

4. Beri Anak Hewan Peliharaan

Salah satu cara mengajarkan anak Anda supaya bisa disiplin adalah memberikan mereka hewan peliharaan. Mengapa demikian? Dalam merawat hewan, sang buah hati harus memberinya makan, mengajak jalan-jalan, dan memandikannya. Hal itu dapat mempengaruhi psikologis mereka dalam kehidupan sehari-hari.

5. Bekerja Dalam Sebuah Tim

Saat akhir pekan tiba, Anda bisa mengajak si kecil melakukan kegiatan dengan membentuk tim, mulai dari membersihkan rumah hingga menata dekorasi agar tampak lebih rapi. Lakukan dengan rutin kegiatan bersama anak Anda agar dia sadar dan mau membantu merapikan serta membersihkan rumah.

6. Beritahukan Dia Tempat yang Seharusnya

Jika kamar mereka penuh mainan yang tidak dibereskan, coba introspeksi terlebih dahulu apakah Anda sudah memberitahukan mereka di mana tempat meletakkannya? Jika belum, beli boks dan tempat sampah, kemudian ajari dia menaruh barang-barang tersebut dengan benar.

7. Buatkan Daftar Tugas Mereka

Buatkan mereka daftar tugas rumah tangga dan biarkan anak Anda memilih mana pekerjaan yang ingin dilakukan. Anda bisa mencantumkan tugasnya dengan membersihkan kamar sendiri, membereskan tempat tidur sebelum sarapan, dan lain sebagainya yang bukan merupakan tugas-tugas berat. Setelah mereka sudah terbiasa melakukannya, tambahkan variasi lagi supaya kemauan si kecil semakin berkembang.

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>